Pojok Baca XI MIPA 1

Pojok baca merupakan pemanfaatan sudut ruang kelas sebagai tempat koleksi buku dari para siswa di tiap-tiap kelas. Sedangkan Majalah dinding (mading) adalah salah satu bentuk dari majalah sekolah. Bentuk lain dari majalah sekolah bisa berupa korlem (koran lembar) yang diterbitkan harian, atau juga majalah sekolah yang terbit bulanan seperti bulletin sekolah. SMA Negeri 1 Banjarnegara menggalakan kegiatan pelestarian mading dan pojok baca.


Pojok Baca XI IPS 3

Tema :
Kisah Klasik (Kisah Kelas Asik)
Warna dan konten bernuansa klasik dengan maksud berbagai kisah kami di SMA ini yang
nantinya akan menjadi kisah dan kenangan Indah yang tak terlupakan terjenang pada kata
klasik


Pojok Baca XI IPS 2

Tema : Retro
Fungsi : Tata Ruang Terbuka
Konsep terbuka tanpa sekat menjadi ciri khas gaya retro selanjutnya. Penggunaan konsep terbuka ini demi menciptakan ruangan yang terlihat
luas dan fleksibel contohnya seperti pojok baca. Biasanya untuk membedakan ruangan satu dengan yang lainnya, hanya perlu ditambahkan furnitur pendukung yang bisa dipindah sesuai dengan kebutuhan.


Pojok Baca XI MIPA 7

Pojok baca Exversen bertemakan kesederhanaan. Pojok baca ini adalah tempat dimana pembaca dapat menemukan berbagai jenis buku dari fiksi sampai non fiksi. Bagian pada ruangan ini dirancang dengan sederhana, tidak terlalu ramai komponen menyesuaikan keadaan ruang kelas yang tidak begitu luas. Pojok baca dirancang untuk menciptakan suasana yang nyaman dan tenang bagi para pembaca, sehingga mendorong minat membaca dan menumbuhkan kebiasaan membaca yang positif. Dengan
menyediakan akses mudah ke berbagai buku menarik, pembaca iharapkan akan lebih tertarik, terinspirasi untuk membaca sehingga bisa terhibur dan menambah wawasan.


Pojok Baca XI MIPA 6

Kupu-kupu merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki keindahan warna dan corak pada sayapnya. Kupu-kupu bisa terbang tinggi menuju tempat-tempat yang ia inginkan. Sudut baca kelas XI MIPA 6 dibuat dengan harapan bisa menjadi seperti kupu-kupu, mampu membawa siswa-siswi kelas XI MIPA 6 menuju pengetahuan dan pengalaman baru melalui buku-buku yang ada.

Banyaknya ilmu pengetahuan seperti warna warni dan corak yang dimiliki kupu-kupu, juga sama dengan keragaman karakter siswa-siswi kelas XI MIPA 6. Dengan keragaman tersebut, kami memiliki harapan untuk bisa mendapatkan dan memahami ilmu-ilmu pengetahuan bersama dengan keragaman yang kami miliki.


Pojok Baca XI MIPA 5

Ceruk Kreasi merupakan wadah untuk menampung kreativitas bagi
keluarga besar Karkata 5 Altarf (XI MIPA 5). Sebuah sudut kelas yang diatur sedemikian rupa menyerupai pameran mini. Kami memajang barang-barang bekas yang telah disulap menjadi barang baru yang unik dan lucu.Selain kerajinan, kami juga memiliki sejumlah koleksi buku yang dapat dijadikan pilihan untuk mengisi waktu luang di kelas.
Jenis buku yang kami miliki cukup beragam, dimulai dari fiksi remaja,
fiksi umum, sains dan teknologi, keagamaan, hingga majalah. Tak jauh dari lemari etalase, kami memiliki sebuah tempat baca yang berupa meja kecil dan tiga bantal lengkap dengan vas bunga yang mempercantik sudut kelas tersebut. Tempat ini menjadi bagian paling favorit di kelas karena biasa digunakan untuk bersantai ketika suasana di kelas terasa suntuk.