“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah.

Menulis adalah bekerja untuk keabadian”

( Pramoedya Ananta Toer)

Pesan yang mendalam sastrawan Indonesia yang kesohor karen karyanya itu memantik siswa dan guru bahkan Kepala Sekolah SMAN 1 Banjarnegara untuk berlatih menulis.

Perpustakaan Pustaka Cendekia melalui kegiatan ONE BOS ( one book one student) beberapa bulan lalu sebelum masa pandemi cvd 19 mengadakan kegiatan pelatihan menulis buku populer dengan pesertanya siswa dan guru yang berjumlah 100 orang peserta.

Kegiatan tsb atas kerja sama dengan Bapak Cucu Suryanto, S.E.dari Penerbit Farishma Indonesia. Terima kasih Bapak Cucu atas kerjasamanya..

Dari kegiatan tsb siswa dan guru telah menelorkan beberapa karya buku.

Diantaranya 4 novel, 4 antologi cerpen dan 1 antologi puisi dan 6 karya bpk ibu guru. Satu lagi karya Bu Ismularti S.Pd berupa antologi puisi.

SMAN 1 Banjarnegara juga sudah 2 kali mengadakan kegiatan pelatihan menulis PTK jadi buku dan pelatihan menulis artikel untuk guru.

Karya bapak ibu guru berupa ubahan PTK jadi buku. Diantaranya adalah karya Bpk Sudarto, S.Pd. M.M, Drs. Tujiyo,M.Pd., Sunardi, S.Pd.,M.M., Sri Utari, S.Pd., Sunarti, S.Pd., Nunung Hartini, S.Pd.,M.M.