Metode mengajar yang digunakan oleh Sunarti, S. Pd. Guru Bahasa Indonesia SMA N 1 Banjarnegara dalam penilaian tugas materi kelas XI yaitu materi teks pidato dengan menggunakan metode Simulasi Lomba Pidato di Depan Publik.

Kegiatan simulasi lomba pidato tersebut diyakini sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan keterampilan berbicara bagi siswa.

Sunarti, S. Pd. membuat laporan best practise dari metode tersebut dengan judul “Simba Pidato di Deli’. Kemudian laporan best practise tersebut dibuat dalam bentuk buku dengan judul Spiker : Simulasi Pidato Keren yang ditulis oleh Sunarti dan diterbitkan ber-ISBN oleh penerbit Farishma Indonesia Surakarta pada tahun 2020.

Kini buku tersebut sudah menjadi bagian dari koleksi buku yang ada di Perpustakaan Pustaka Cendekia SMAN 1 Banjarnegara.

Semoga bedah buku Spiker menjadi inspirasi bagi siswa untuk menghasilkan karya-karya yang lebih baik dan lebih berkualitas lagi guna menciptakan penulis-penulis handal dan profesional. Aamiin ya Robbal alamiin.